Bagian Mobil yang Rawan Serangan Karat di Musim Hujan, Pahami Sebab dan Cara Mencegahnya

Karat adalah masalah umum yang dapat merusak mobil, baik dari segi penampilan maupun integritas struktural karena dapat membuat bodi mobil keropos. Masalahnya, karat sering terjadi dalam jangka waktu panjang dan baru diketahui setelah terlihat jelas.
Selain merusak estetika, karat dapat melemahkan struktur kendaraan, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan serius. Dikutip dari Nasmoco.co.id, karat terjadi karena reaksi kimia antara besi, air, dan oksigen yang menciptakan oksidasi.
Jika tidak ditangani sejak dini, karat dapat menyebar dan menyebabkan perbaikan yang mahal. Berikut empat bagian mobil yang paling rawan terkena karat, penyebabnya, serta cara mencegahnya supaya tidak memicu masalah lebih besar.
1. Kolong Mobil (Sasis atau Rangka)
Bagian kolong mobil sering terkena cipratan air kotor dari roda, terutama saat melewati jalan basah atau berlumpur. Di musim hujan, kelembapan meningkat, sehingga mempercepat korosi pada rangka bawah mobil.
Mobil-mobil Toyota biasanya sudah diberikan pelapis anti karat bergaransi di bagian kolong mobil. Meski demikian, hal itu ada tenggang waktunya dan perlu dicek ulang atau dilapisi kembali jika sudah habis masa garansi.
Namun jika masih bergaransi, berikut cara untuk mencegah karat menyerang bagian kolong mobil:
Cuci Rutin: Bersihkan kolong mobil secara menyeluruh, terutama setelah melewati jalan yang kotor atau tergenang air.
Periksa Secara Berkala: Lakukan inspeksi rutin pada bengkel resmi untuk mendeteksi potensi karat sejak dini. Bawa mobil Anda ke bengkel resmi Toyota untuk mendapatkan perawatan lengkap, mudah, dan nyaman.
2. Engsel Pintu
Engsel pintu sering menjadi jalur air hujan, sehingga tetap basah dalam waktu lama. Jika tidak dibersihkan atau dikeringkan, area ini menjadi sarang karat. Untuk mencegahnya bisa diberikan pelumas khusus. Gunakan pelumas anti karat pada engsel secara berkala untuk mencegah kelembapan berlebih.
Pastikan area engsel selalu kering, terutama setelah mencuci mobil atau terkena hujan. Selain itu, melakukan perawatan jalur air juga penting. Pastikan juga saluran air di sekitar pintu tidak tersumbat agar air dapat mengalir dengan lancar.
3. Atap Mobil
Atap mobil adalah bagian yang paling sering terkena hujan, namun sering diabaikan saat pembersihan. Tanda awal karat biasanya berupa gelembung kecil pada cat yang dibiarkan hingga merusak lapisan logam di bawahnya.
Untuk mencegahnya, Anda perlu segera cuci dan keringkan atap mobil setelah terkena air hujan. Upaya itu cukup efektif untuk menghilangkan residu mineral yang bersifat korosif. Parkir kendaraan Anda di garasi atau minimal carport dengan atap.
Parkir di jalan semalaman akan menimbulkan uap air di bagian atap saat pagi hari, uap itu juga berpotensi membuat atap lebih cepat karatan. Periksa adanya tanda gelembung kecil atau retakan pada cat yang dapat menjadi pintu masuk karat.
4. Ruang Mesin
Selain tiga bagian tadi, ruang mesin juga menjadi salah satu yang rawan terkena karat saat musim hujan. Kotoran dari kaki-kaki depan mobil sering terperangkap di ruang mesin, menyebabkan area ini menjadi lembap.
Hal itu akan mempercepat proses karat, terutama pada komponen logam yang terpapar. Untuk mencegahnya, Anda perlu memastikan ruang mesin bebas dari kotoran dan debu dengan membersihkannya menggunakan alat dan cairan non-abrasif.
Selain itu, mengoleskan cairan anti karat pada komponen logam di ruang mesin juga baik untuk dilakukan. Tak lupa, lakukan inspeksi di bengkel resmi untuk memastikan tidak ada komponen yang mulai berkarat.
Solusi Mudah Mengatasi Karat Tumbuh di Bodi Mobil
Sebenarnya lapisan cat di bodi mobil sudah memiliki lapisan pelindung. Masalahnya, seiring waktu lapisan pelindung bakal terkikis dan memudar. Ditambah tidak apik dalam merawat kendaraan, solusinya adalah dengan memberikan lapisan pelindung cat alias paint protection.
Berikutnya, melapiskan ulang lapisan anti karat di bawah dek, kaki-kaki mobil, dan bagian dalam sepatbor, ditambah rongga di dalam ruang mesin dan panel pintu. Bisa dilakukan di bengkel resmi Toyota, perlindungan terhadap karat tetap terjaga optimal.