Tambah Satu Lagi Tahun Ini, Berikut Daftar Lengkap Mobil Hybrid Toyota yang Dipasarkan di Indonesia

Mobil hybrid (HEV) merupakan kendaraan masa depan yang paling pas digunakan di Indonesia saat ini. Kamu tinggal duduk di balik kemudi dan biarkan Hybrid Sinergy Drive (HSD) sebagai otak pengatur yang mengelola kinerja mobil tanpa perlu pusing dengan kapasitas baterai.

Lantas, apa saja kendaraan Toyota yang sudah memiliki pilihan model HEV di Indonesia?

1. Toyota Camry HEV

Sebagai sedan mewah, Camry Hybrid menawarkan tampilan luar mewah serta kenyamanan paripurna yang dibalut interior berkelas. Toyota memasang mesin A25A-FXS dengan teknologi hibrida generasi keempat. King of Sedan ini menggunakan mesin dengan kapasitas 2.494 cc empat silinder, mirip dengan Alphard HEV tapi lebih canggih dan tanpa teknologi gerak 4 roda.

Mesin ini mampu mengantarkan tenaga 178 PS pada 5.700 rpm dan torsinya tinggi bagi seukuran sedan, yakni 22,5 kgm pada 3.500 – 5.200 rpm. Menggunakan teknologi terkini seperti Head Up Display (HUD), ia merupakan salah satu model hybrid laris di Indonesia.

2. Toyota Alphard HEV

Bicara tampang luar, ia tidak berbeda dari model Alphard lain, termasuk interior yang memiliki level kemewahan dan kenyamanan paripurna. Mesin yang digunakan ialah tipe 2AR-FXE, 4 silinder segaris, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc.

Unit ini mampu memberikan tenaga hingga 152 PS pada 5.700 rpm dan torsi 21 kgm pada 4.400 – 4.800 rpm. Toyota Alphard HEV memiliki dua pasang motor listrik di roda depan dan belakang (untuk tipe All Wheel Drive). Prinsip kerjanya seperti gerak 4 roda dan sangat bermanfaat ketika mobil baru melaju atau butuh tambahan daya.

Tenaga dan torsi motor listrik maksimal di roda depan sebesar 143 PS dan 27,5 kgm, dan di roda belakang sebesar 68 ps dan 14,2 kgm. Distribusi daya ini diatur sedemikian rupa agar dapat mendorong MPV bongsor ini dengan daya paling efisien.

3. Toyota Prius Gen-4

Secara global, pionir kendaraan elektrifikasi Toyota ini meluncurkan generasi ke-4 yang mengadopsi sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) tahun 2015 lalu. Di Indonesia, Prius Gen-4 dijual by order. Menggunakan mesin 1.797 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i, liftback ini sanggup menghasilkan tenaga 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 kgm pada 3.600 rpm.

Motor listrik yang dipakai mampu menghasilkan tenaga 72 ps dan torsi 16,6 kgm. Mengadopsi sasis TNGA, Prius menawarkan kenikmatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara dalam paket mobil ramah lingkungan khas Toyota.

4. Toyota C-HR HEV

Toyota C-HR HEV memberikan pilihan baru pada penggemar kendaraan SUV berbasis crossover yang keren namun juga memiliki kepedulian pada lingkungan hidup. Pengusung konsep Against Stereotype ini menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan power 100 PS dikombinasi motor listrik dengan power 36 PS. C-HR diklaim lebih efisien 62% dan emisinya CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60% dari model standar.

Mengandalkan sasis TNGA, C-HR HEV memiliki fitur keamanan, kenyamanan dan kenikmatan berkendara yang lengkap dan memastikan pemiliknya memperoleh pengalaman berada di balik kemudi yang mengesankan.

5. Toyota Corolla Altis HEV

Unit dengan kode 2ZR-FXE ini berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan daya sebesar 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi sebesar 14,47 kgm pada 4.000 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,62 kgm.

Hybrid Synergi Drive (HSD) milik Corolla Altis HEV telah direkayasa agar dapat menyajikan konsumsi bensin yang irit, kontrol yang intuitif dan halus, namun tidak melupakan performa yang mendebarkan. Untuk memberikan pengemudi opsi karakter berkendara, tersedia 4 driving mode yang bisa dipilih yaitu NORMAL, ECO, SPORT, dan EV mode. Pilihan mode berkendara tersebut juga tersedia di seluruh model HEV Toyota.

6. Toyota Corolla Cross HEV

All New Corolla Cross memiliki mesin hybrid dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dilengkapi teknologi Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm. Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline.

Dengan berbagai benefit yang dihadirkan oleh varian HEV ini seperti salah satunya penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

7. Toyota Prius PHEV Gen-2

Masih mengandalkan Hybrid Synergy Drive (HSD) II sebagai pusat pengatur kinerja, Toyota Prius PHEV Gen-2 menggunakan mesin serupa pendahulunya. Unit 2ZR-FXE 1.797 cc sanggup menciptakan tenaga 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 kgm pada 3.600 rpm.

Meski tenaga turun 1 PS, namun torsi bisa didapatkan di putaran mesin lebih rendah untuk meningkatkan efisiensi. Menariknya, Prius PHEV menggunakan teknologi dual motor drive system sehingga tidak hanya motor listrik yang menyuplai tenaga ke roda depan, tetapi generator dimana tugas utamanya untuk mengisi baterai, juga bisa menyumbang tenaga saat akselerasi.

Ini membuat performa motor listrik meningkat dengan catatan tenaga 72 PS di motor listrik dan 31 PS di generator, serta torsi 16,6 kgm dan 4,1 kgm di motor listrik dan generator. Selain itu, Prius PHEV juga memiliki charger listrik mandiri sehingga bisa mengisi baterai di rumah atau tempat pengisian listrik publik.

8. All New Toyota Kijang Innova Zenix

Masih hangat dan menjadi bahan pembicaraan adalah hadirnya All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV di Indonesia. Toyota menyematkan teknologi terkini Toyota Hybrid System generasi ke-5 pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.

Sistem baru ini mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik, sehingga menghasilkan performa yang superior, efisiensi yang lebih baik, serta rendah emisi gas buang. Mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm.

Menariknya, ketika melaju kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem. Motor listrik yang compact juga dikembangkan komponen di dalamnya untuk meningkatkan power output.

Termasuk, downsized transaxle sebagai penyalur tenaga ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi. Baterai hybrid Ni-MH kini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Terdapat juga filter pada tutup saluran udara pendingin baterai, sehingga penumpukan debu di jalur pendinginan ditekan guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu baterai.

Sumber : www.toyota.astra.co.id/

Untuk Pemesanan Segera Hubungi : RIFAN TOYOTA | 081 231 6463 11

Write a comment